//Forever Imperfect
Asyiknya Hidup Sehat

Selasa, 18 November 2014 @ 06.16 | 1 Comment [s]

Hulla!!! Udah lama enggak on, nih. Yah... waktu itu aku ikut acara Reporter Cilik 2014 Jakarta, Explore The Journey Write The Story dengan tema Eat Well Move Move. Aku mau ceritain nih, pengalamanku ikut Repcil 2014. Penasaran??? Cekidot!

Awal Mula Ikut Repcil 2014

Sebenarnya, mamaku yang memintaku untuk ikut Reporter Cilik yang diadakan oleh Media Anak. Tadinya, aku enggak mau ikut Reporter Cilik, tapi mama terus membujuk aku dan akhirnya aku mau ikut Reporter Cilik.

Awalnya aku bingung. Cara membuat essai tuh gimana, ya? Itu pertanyaan yang ada di dalam hatiku. Lalu mamaku bertanya padaku. "Sudah berapa halaman? Maksimal dua halaman, lho. Ini mudah," tanya beliau. Aku pun menjawab, "Aku belum nulis apa-apa. Cara buat essai tuh gimana sih?". Kemudian, mamaku berkata, "Essai itu kayak deskripsi gitu. Coba kamu cari di wikipedia tentang essai.". Aku pun menurut. Aku membuka wikipedia.

Esai adalah suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya. - Wikipedia

Ya. Mamaku benar.

Aku pun menulis esai untuk Repcil-ku.


Dua jam kemudian, aku selesai membuat esai. Mamaku pun mengeceknya. Katanya, ada kalimat-kalimat yang masih kurang bagus, akhirnya aku dan mama mengedit naskah essaiku bersama-sama.

Besoknya, esaiku dikirim lewat e-mail.

Beberapa hari kemudian, saat malam hari, aku yang sedang belajar mendengar suara telepon dari HP mama. Lalu aku mengangkatnya, ternyata yang menelepon HP mamaku adalah Kak Novy dari Media Indonesia. Aku langsung memberikan HP itu kepada mama. Mama bercakap-cakap lama kepada Kak Novy. Lalu...
"Ya, terima kasih.Wa'alaikumsalam," . Mama selesai berbicara pada Kak Novy. Kata mama, aku terpilih mengikuti Repcil 2014-Jkt 6-8 November 2014. Senangnya hatiku.

Hari Pertama

Hari pertama, acara diadakan di kantor koran Media Indonesia. Kami diajarkan cara menjadi reporter/wartawan yang baik oleh Kak Hera (Reporter MI) dan Kak Iis (Redaktur MI). Oh ya, untuk menjadi reporter ada syaratnya lho. Yaitu:
- Bisa menulis
-Berani bertanya
-Bisa membagi waktu
-Menghargai orang
-Bisa Bahasa Inggris
-Suka membaca

Hari Kedua

Hari kedua, acara diadakan di Cibalung Happy Land, Bogor. Disana, kami bertemu dengan Dr.Novi Marlina Siregar, Ketua Program Studi Olahraga Rekreasi - HK UNJ. Dr.Novi menjelaskan bahwa lebih baik kita sarapan pagi dengan roti, nasi, lauk pauk, susu juga karbohidrat lainnya. Dr.Novi juga berkata, 40% anak tidak punya kebiasaan sarapan pagi. Alasannya adalah tidak biasa dan kesiangan tidak sempat makan.

Di Cibalung, kami bermain kejar ekor, ayunan tali tambang, lampu merah-lampu hijau, dan lain-lain. Setelah puas bermain, kami pun melanjutkan aktivitas menulis cerita Explore The Journey Write The Story dengan waktu 40 menit.

Setelah menulis cerita, kami membahas cerita kami bersama-sama sambil duduk di pohon yang besar nan hijau.

Setelah itu, kami berenang dengan hati gembira. Di kolam renang Cibalung ini ada perosotan air, ember raksasa, terowongan, dan... kodok!!! Ya benar. Kodok-kodok itu paling banyak di terowongan. Hehehe.

Hari Ketiga

Terus, di hari ketiga acaranya ada di SDIT Al-Azhar Rawamangun Jakarta. Di hari ketiga ini, peserta Reporter Cilik mengikuti acara Me & Mom on super breakfast cooking competition. Alhamdulilah, aku juara favorit 2. Aku dan mamaku memasak bihun yang dihiasi dengan cabai berbentuk mahkota, daun kecil, timun,  kulit tomat berbentuk bunga dan roti isi ragut yang dihiasi dengan bendera plastik dan cabai berbentuk mahkota.

Lalu, kami bertemu dengan Dr.Ingka Nilawardani, Mgizi, SPGK. Dr.Ingka menjelaskan, sumber protein ada tiga yaitu daging (26 g protein), ayam (24 g protein) dan ikan (19 g protein).

Teman-teman, tahu tumpeng gizi seimbang gak? Inilah yang disebut tumpeng gizi seimbang:
  • Lauk hewani/nabati 2-4 porsi perhari
  • Sayur 3-4 porsi/hr
  • Mencuci tangan
  • Minum air sehari 8 kali
  • Buah 2-3 porsi/hr 
Nah sekian penjelasan panjang lebarku tentang Repcil 2014 Jakarta. Jangan lupa komentar, ya, hargailah postingan orang. Bye, bye, capek nih, nulis panjang =_=''


Older Post | Newer Post
The Disclaimer

Hi peeps. Im Fasya, 10 years old. My hobby is blogging, writing, ex-link, and reading. Please dont open my page source!

underlined, bold

Dreamer!


Navigations!

Diary About Site


Let's Talk!

No Anonymous
No Spamming
No Rusuh
Chat with me!


The Credits!

Template by : Farisyaa Awayy
Basecode by : Nurynn
Full Edited : Fasya

Best View at GOOGLE CHROME!